Istilah-istilah dalam Akademik

Semangat pagi teman-teman, sedikit saja sharing dan berbagi pengetahuan tentang keakademikan, dimana sering kita menggunakan istilah tersebut namun sedikit dari yang kita fahami dari istilah-istilah keakademikan tersebut. Oke, langsung saja kita mulai
   1.      Regristasi : dalam bahasa inggris Regristasion mempunyai arti pendaftaran. Maksud istilah disini adalah, setiap mahasiswa yang hendak mengikuti kuliah setiap semesternya sudah melakukan daftar ulang terlebih dahulu dengan syarat yang telah ditentukan.
Regristasi akademik yaitu kegiatan mahasiswa untuk melakukan pendaftaran dan menyusun rencana studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi regristasi disini berartikan “Daftar Ulang” yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk bisa mengikuti perkuliahan setiap semester dan dilakukan di awal semeter.
2.      SPP (Sumbangan Pembiayaan Pendidikan) : yaitu biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa setiap semester untuk pelaksanaan pendidikan.
3.      SKS (Satuan Kredit Semester) : takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama 1 semester melalui 3 kegiatan per minggu meliputi 50 menit tatap muka terjadwal (perkuliahan), 60 menit kegiatan terstruktur dan 60 menit kegiatan mandiri, atau 100 menit praktikum, 240 menit kerja lapangan.
Besaran SKS ini ditentukan oleh Fakultas dan atau mahasiswa yang mempunyai IP tinggi. Untuk biaya SKS ini adalah besar biaya SKS X Jumlah SKS (dalam semeter).
4.      SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) : Sumbangan yang dibayarkan oleh mahasiswa guna pengembangan Institusi, bisa berbentuk sarana dan prasarana atau fasilitas lainya.
5.      Dana Operasional : Biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa kelas kariawan, dimana jadwal perkuliahan diluar jam kerja.
6.      KRS (Kartu Rencana Studi) : kartu yang berisikan rencana pengambilan mata kuliah pada semester yang akan ditempuh.
7.      WDMK (Wajib Daftar Mata Kuliah) : kegiatan mahasiswa dalam memasukan (Input) Matakuliah yang diambil ke dalam komputer akademik.
8.      Kartu Studi Tetap (Kartu Studi Tetap) : Kartu yang berisikan mata kuliah yang diambil dalam 1 semester, dimana isi kartu tersebut sesuai dengan rencana yang dituliskan dan hasil WDMK.
9.      KHS (Kartu Hasil Studi) : Kartu yang memuat nilai-nilai mata kuliah.
10.  IP (Indek Prestasi) : ukuran mahasiswa yang dapat dihitung berdasarkan jumlah sks matakuliah yang diambil dikalikan dengan nilai bobot masing-masing mata kuliah dibagi dengan jumlah seluruh sks yang diambil pada semester tersebut.
11.  IPK (Indeks Prestasi Komulatif) : ukuran kemampuan mahasiswa sampai pada periode waktu tertentu yang dapat dihitung berdasarkan jumlah sks mata kuliah yang diambil sampai periode tertentu dikalikan dengan nilai bobot masing-masing mata kuliah dibagi dengan jumlah seluruh sks matakuliah yang diambil. Contoh mudah IPK smt 2, ini berarti IP smt 1+IP smt 2 dan dibagi 2 jadilah IPK.
Nah, sementara cukup disini nanti kita sambung lagi dengan wawasan pengetahuan yang lain lagi. Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam belajar.

0 komentar :

Recent Post

Recent Posts Widget