Etika Jiwa Seorang Pemimpin

Oleh : Kak. Mudrikah
          (Sebagai Dewan Bidang Tekpram)
          


Kenapa orang yang diatas merasa dirinya yang paling tinggi, paling hebat dan sok cool,. Lupa sama dirinya yang dulu,. Seandanya pemimpin seperti itu semua apa jadinya,.??? hemmmm realy,.??
dan tak disangka- sangka memang itu udah jadi realita yang meglobal dalam hidup ini,
pernahkan kalian , terdesak memikirkan pemimpin yang tepat utuk masyarakat kita  kedepan,, mungkin difikir- fikir dan difikir- fikir ujung- ujungnya uang pun beraksi, main politik. Apa terus jadinya bangsa kita kalau semua dinilai dengan uang? Harga diri pun terjual karna uang,. Woow Tragis,. Bagett dunia kita ment,. !  
Berkata uang,.uang dan uang menjadikan orang lupa dengan segalanya,. Kata anak muda sekarang bahasa gaulnya ‘’ meriang _Merindukan Uang” Apalagi kalau dibagikan secara Cuma- Cuma,. hEMmm . Matapun seakan enggan untuk tertutup. :-D
Pada dasarnya jiwa kepemimpinan dimilki oleh setiap diri manusia (self leadership),
setidaknya dirasakan manakala seseorang melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya, namun dalam mengaktualisasikan kepemimpinan itu sendiri sering sekali manusia dihadapkan pada berbagai problematika hidup silih berganti, tidak sedikit persoalan muncul hanya disebabkan kesalahan dalam bertindak dan keliru mempersepsikan sesuatu, untuk menghindarinya menjadi penting faktor pengendali diri, salah satunya adalah dengan mempedomani nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan, jadi kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangat erat.
Apalagi dalam suatu organisasi dikalangan mahasiswa akan ditemukan beberapa unsur yakni visi-misi, tujuan dan program kerja, struktur organisasi, kode etik organisasi, hubungan antarlini organisasi, individu-individu, kepemimpinan, dan dinamika organisasi. Keberhasilan organisasi mencapai tujuan organisasi sangat tergantung kepada pemimpin dan orang-orang yang berada di sekitar pemimpin. Seorang pemimpin yang sukses apabila ia mampu menggerakkan sejumlah orang dalam mencapai tujuan organisasi. Untuk keperluan itu, seorang pemimpin hendaknya dapat menciptakan beberapa hal, yaitu :
1.      Atmosfer hubungan kerja yang nyaman,
2.      Motivasi maksimum,
3.      Kedisiplinan,
4.      Keteladanan,
5.      Berkemampuan (professional)
6.      Aspiratif (people focus)
7.      Berkomimen terhadap etika dan tujuan organisasi (performance)
8.      Berpikir sistemik dan selalu positive thinking

Hingga saat ini masih terbesit dalam fikiran ,apa itu kepemimpinan? apakah arti kepemimpinan?  Menurut sejarah, masa “kepemimpinan” muncul pada abad 18. Ada beberapa pengertian kepemimpinan, antara lain:
1.      Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung  melalui proses komunikasi untuk  mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).
2.      Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984, 46).
3.      Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.
4.      Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques, 1990, 281).
Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian / pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama.
Tugas Pemimpin Menurut  James A.F Stonen, tugas utama seorang pemimpin adalah:
1.       Pemimpin bekerja dengan orang lain
Seorang pemimpin bertanggung jawab untuk bekerja dengan orang lain, salah satu dengan atasannya, staf, teman sekerja atau atasan lain dalam organisasi sebaik orang diluar organisasi
2.      Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (akontabilitas).
Seorang pemimpin bertanggungjawab untuk menyusun tugas menjalankan tugas, mengadakan evaluasi, untuk mencapai outcome yang terbaik. Pemimpin bertanggung jawab untuk kesuksesan stafnya tanpa kegagalan.
3.        Pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas
Proses kepemimpinan dibatasi sumber, jadi pemimpin harus dapat menyusun tugas dengan mendahulukan prioritas. Dalam upaya pencapaian tujuan pemimpin harus dapat mendelegasikan tugas-tugasnya kepada  staf.  Kemudian pemimpin harus dapat mengatur waktu secara efektif,dan menyelesaikan masalah secara efektif.
4.       Pemimpin harus berpikir secara analitis dan konseptual
Seorang pemimpin harus menjadi seorang pemikir yang analitis dan konseptual. Selanjutnya dapat mengidentifikasi masalah dengan akurat. Pemimpin harus dapat menguraikan seluruh pekerjaan menjadi lebih jelas dan kaitannya dengan pekerjaan  lain. 
5.       Manajer adalah seorang mediator
Konflik selalu terjadi pada setiap tim dan organisasi. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menjadi seorang mediator (penengah).
6.        Pemimpin membuat keputusan yang sulit
Seorang pemimpin harus dapat memecahkan masalah.

Seorang pemimpin juga  harus memiliki 8 Astra gatra. Apa itu 8 Astra gatra?
 Tahu ngak pa ithu 8 Astra gatra ,??
Astra Gatra yaitu:
1.  Seorang pemimpin harus menjadi matahari
Maksud dari matahari disini , dia adalah seorang pemimpin yang semangat dalam menghadapi masalah apapun, selalu semerbak tanpa penuh lelah, pejuang baNget dahc,.
2.  Seorang pemimpin harus menjadi seorang rembulan.
Maksudnya dari rembulan, seorang pemimpin harus mampu jadi penyejuk hati  untuk  bawahannya, tapi ndak harus membual dengan banyak ragam warna iya,.he
penyejuk hati itu penyejuk dimana saat bawahannya merasa genting dan terancam, disitulah posisi seorang pemimpin memberikan solusi, nasehat/ masukan yang mana dapat mendamaikan hati bawahannya,
3.   Seorang pemimpin harus menjadi Lintang
Lintang aliaas penerang, dimana seorang pemimpin mampu untuk menerangi bawahanya dari segala problema yang silir berganti
4.      seorang pemimpin harus menjadi angin
Pemimpin harus mampu menjadi penyejuk suasana, Mampu mengarahkan bawahanya yang lagi semprawot, demo ndak jelas gitoh’. so,,disitulah peran pemimpin dibutukan untuk menyejukan hati para rakyatnya, saat”lagi krismo, Seorang pemimpin mampu menjadi sebuah es batu yang dapat mendinginkan panasnya bara.
5.      seorang pemimpin harus sebagai bumi
Bumi, maksud dari  bumi ialah  kalau disiram dan dipupuk, ditanami akan tumbuh dengan subur. Begitupula dengan seorang pemimpin, diberi semangat, masukan, masalah dia akan lebih tegar bicause dia akan belajar dari semua yang pernah dibawanya.
6.      seorang pemimpin harus mampu menjadi banyu mili
Maksudnya banyu mili seorang pemimpin harus menghilangkan dahaga dan mencari ilmu
7.      seorang pemimpin harus menjadi awan
Seorang awan yang dimaksud disini adalah seorang pemimpin harus sebagai   pemimpin yang dapat meredakan suasana, panas, hujan dingin dan sebagainya dalam kehidupan
8.      seorang pemimpin harus menjadi segoro
Maksudnya sebagai  Tempat pembuangan, siap menampung semua caci maki, hinaan, dengan tangan terbuka alias Legowo,.

Jadi kawan, kesimpulannya Seorang Pemimpin harus Inter Beautiful  karna itu penting , seorang pemimpin juga harus Fleksibel,.karna itu kunci kita menjadi leadership
Selamat Mencoba menjadi jiwa pemimpin,,.Good Luck,. ^_^

0 komentar :

Recent Post

Recent Posts Widget