Skripsi FAI Unwahas : Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Kasus di MI At-Taqwa Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014

Likyati, 2014, Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Kasus di MI At-Taqwa Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014
Skripsi    : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Pembimbing, Sari Hernawati, S.Ag. M.Pd. dan Iman Fadhilah, MSI.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Upaya Kepala Madrasah
Lembaga pendidikan dikatakan bermutu jika terjalin suatu kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan staf pengajarnya. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang telah dicita-citakan, tidak pernah lepas dari sistem kinerja didalamnya. Salah satunya yaitu pelaksanaan kinerja guru-guru yang merupakan bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru beserta upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI At-Taqwa Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi lembaga pendidikan untuk membantu mewujudkan tujuan pendidikan, dan khususnya bagi pengelola lembaga pendidikan dalam melaksanakan peranannya sebagai pemimpin kepala madrasah yang efektif dan efisien dengan fokus penelitian di MI At-Taqwa Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak dan bagaimana adanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima peran kepemimpinan kepala madrasah di MI At-Taqwa Semarang yaitu, kepala madrasah berperan sebagai penanggungjawab, sebagai pemimpin madrasah, sebagai supervisor, sebagai administrator dan kepala madrasah berperan sebagai manajer pendidikan. Dan Ada lima juga kinerja guru di MI At-Taqwa Semarang yaitu, guru sebagai pendidik, sebagai pemimpin, sebagai fasilitator, sebagai motivator dan sebagai administrator, kemudian ada enam upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI At-Taqwa Semarang yaitu, dengan cara mempercayai staf pengajar, mendelegasikan tugas dan wewenang, membagi dan memanfaatkan waktu, menerapkan rasa peduli terhadap staf pengajar, memotivasi para staf pengajarnya dan dengan cara menerapkan rasa humor.

Download Versi Komplit DISINI

2 komentar :

Unknown said...

skripsiku hurung dimasuke,,

Anonymous said...

skripsiku di kiirim juga

Recent Post

Recent Posts Widget