Likyati, 2014, Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam
Meningkatkan Kinerja Guru Studi Kasus
di MI At-Taqwa Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014
Skripsi : Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Wahid Hasyim
Semarang, Pembimbing, Sari Hernawati, S.Ag. M.Pd. dan Iman Fadhilah, MSI.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Upaya Kepala Madrasah
Lembaga pendidikan dikatakan bermutu jika terjalin suatu kerjasama yang
baik antara kepala sekolah dengan staf pengajarnya. Keberhasilan sebuah lembaga
pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang telah dicita-citakan, tidak pernah
lepas dari sistem kinerja didalamnya. Salah satunya yaitu pelaksanaan kinerja
guru-guru yang merupakan bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis
pelaksanaan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru
beserta upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan
kinerja guru di MI At-Taqwa Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat
bagi lembaga pendidikan untuk membantu mewujudkan tujuan pendidikan, dan
khususnya bagi pengelola lembaga pendidikan dalam melaksanakan peranannya
sebagai pemimpin kepala madrasah yang efektif dan efisien dengan fokus penelitian di MI At-Taqwa
Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan
menggambarkan/melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian pada saat sekarang
berdasarkan fakta-fakta yang tampak dan bagaimana adanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima peran kepemimpinan kepala
madrasah di MI At-Taqwa Semarang yaitu, kepala madrasah berperan sebagai
penanggungjawab, sebagai pemimpin madrasah, sebagai supervisor, sebagai administrator
dan kepala madrasah berperan sebagai manajer pendidikan. Dan Ada lima juga kinerja
guru di MI At-Taqwa Semarang yaitu, guru sebagai pendidik, sebagai pemimpin,
sebagai fasilitator, sebagai motivator dan sebagai administrator, kemudian ada
enam upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI
At-Taqwa Semarang yaitu, dengan cara mempercayai staf pengajar, mendelegasikan
tugas dan wewenang, membagi dan memanfaatkan waktu, menerapkan rasa peduli
terhadap staf pengajar, memotivasi para staf pengajarnya dan dengan cara
menerapkan rasa humor.
2 komentar :
skripsiku hurung dimasuke,,
skripsiku di kiirim juga
Post a Comment