Skripsi FAI Unwahas : Pengaruh Pengaruh Asmaul Husna terhadap Efektifitas Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang

M. Husnul Aqib, 2013 Pengaruh Pengaruh Asmaul Husna terhadap Efektifitas Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang.

Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Wahid Hasyim Semarang. Pembimbing Satu Drs. KH. Amdjad AH, M.Pd Pembimbing Dua H. Nur Cholid, S.Ag., M.Ag.

Kata Kunci : Pengaruh Asmaul Husna terhadap Efektifitias Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang.

Guru dalam Islam sebagai pemegang jabatan profesional membawa misi ganda dalam waktu yang bersamaan, yaitu misi agama dan misi ilmu pengetahuan. Misi agama menuntut guru untuk menyampaikan nilai-nilai ajaran agama kepada anak didik, sehingga anak didik dapat menjalankan kehidupan sesuai dengan norma-norma agama tersebut. Misi ilmu pengetahuan menuntut guru menyampaikan ilmu sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis menetapkan tujuan untuk mendeskripsikan  (1) Untuk menjelaskan Pengaruh Asmaul Husna, (2) menjelaskan Efektifitias Belajar Mengajar siswa (3) menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh Asmaul Husna terhadap Efektifitias Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang.
Untuk sisi bagian ketiga tersebut, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah Pelaksanaan membaca Asmaul Husna di SMP Nasima Semarang? (2) Bagaimanakah Efektifitas Belajar Mengajar siswa SMP Nasima Semarang? (3) Apakah Asmaul Husna berpengaruh terhadap Efektifitias Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang? Untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini, menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data dengan populasi sebanyak 40 siswa.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Asmaul Husna terhadap di SMP Nasima Semarang mempunyai rata-rata cukup, hal ini dibuktikan dari analisis hasil angket yang diberikan kepada responden.(2) Efektifitias Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang rata-rata cukup. Pengaruh Asmaul Husna terhadap Efektifitias Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang sangat signifikan. Hasil korelasi dari kedua variabel () ini terbukti lebih besar daripada batas signifikansi pada taraf 5%  maupun 1%. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara Pengaruh Asmaul Husna terhadap Efektifitias Belajar Mengajar di SMP Nasima Semarang. Dengan demikian hipotesa peneliti itu benar dan dapat diterima. Adapun saran kepada para guru, orang tua dan siswa SMP Nasima Semarang untuk sering membaca asmaul husna sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai agar proses pembelajaran lebih terasa tenang dan tenteram, sehingga efektifitas belajar mengajar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Download Versi Komplitnya DI SINI

0 komentar :

Recent Post

Recent Posts Widget