KMD VIII Racana Unwahas Lulus 100%


Unwahas -  Belum lama ini Unit kegiatan Mahasiswa yang membidangi Gerakan Kepanduan atau Gerakan Pramuka Perguruan Tinggi (Racana Wahid Hasyim) berhasil menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang ke VIII tahun 2014. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut mulai tanggal 26 Februari 2014 hingga 03 Maret 2014, 4 hari dilaksanakan di Kampus Unwahas, dan 2 hari dilaksanakan di Griya Pawening Jati Wonolopo Mijen Semarang.
Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengkader calon-calon Pembina Pramuka, dengan berbagai bekal yang diberikan oleh pelatih dari Pusdiklatcab Kota Semarang. “Kegiatan ini sangatlah perlu dan penting bagi Mahasiswa pada umumnya dan khususnya bagi anggota Pramuka untuk menunjang pengetahuan tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Pendidikan Karakter, khususnya bagi calon-calon Pendidik” Tutur Wakil Rektor III Drs. H. M. Syakur SF, M.Ag. pada sambutan Pembukaan KMD VIII di Ruang Auditorium Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Kegiatan KMD VIII yang diketuai oleh Komarudin (Ka. Reka Kerja) dilaksanakan selama 4 hari dikampus Unwahas ini berisi tentang teori atau materi mengenai Pengetahuan Dasar Kepramukaan, Cara-cara membina peserta didik, dan membuat rancangan kegiatan kepramukaan yang menarik, menantang dan inovatif, serta kreatif yang diarahkan pada tujuan Pendidikan Kepramukaan.
Kemudian 2 hari lagi dilaksanakan di Bumi Perkemahan Griya Pawening Jati Wonolopo Mijen Kota Semarang dengan sistem berkelompok, belajar dialam terbuka atau dengan sistem berkemah. Materi yang disampaikan merupakan aplikasi dari 4 hari yang telah diberikan oleh Pelatih di saat materi di kampus. Materi tersebut meliputi Keterampilan Kepramukaan; Semaphore, Morse, Menaksir, Tali-temali, Pendirian Tenda, Outbond, dan lain-lain.
Peserta KMD yang berjumlah 135 orang putra dan putri ini berhasil melewati pendidikan kursus dengan Predikat Lulus 100%, yang dinyatakan oleh Pimpinan Kursus (PinSus) dari Pusdiklatcab Kota Semarang Kak. Giono. Hal ini tidak terlepas dari semangat Peserta KMD VIII dan semangat dari Dewan dan Reka Kerja serta Kerja keras para Pelatih Kwartir Cabang Kota Semarang.
Kegiatan KMD VIII Racana Unwahas ini merupakan program kerja Dewan Racana tiap satu periode, dimana dimaksudkan akan mahasiswa dapat menambah kasanah keilmuan tentang kepramukaan dan harapannya kelak semuanya dapat mengamalkan ilmunya di satuan pendidikan dan membangun karakter generasi muda lebih baik lagi.
Kegiatan ini memberikan kontribusi yang luar biasa, selain memberikan ilmu pengetahuan juga membentuk karakter mahasiswa, yang mana sejalan dengan slogan dari Universitas Wahid Hasyim Semarang, yaitu Kampus Intelektual yang berkarakter. Semoga Gerakan pramuka tetap jaya dengan semboyannya Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia”. Tutur Ka. Bag Kemahasiswaan Unwahas Harun Ni’am, S.IP., M.Si pada sambutan Penutupan KMD VIII di Griya Pawening Jati Wonolopo Mijen Semarang (03/03/2014).

0 komentar :

Recent Post

Recent Posts Widget