Kamilin : Metode Pendidikan Kepramukaan dalam Perspektif
Pendidikan Islam .
Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama
Islam,
Universitas Wahid Hasyim Semarang. Pembimbing H. Nur
Cholid, M. Ag., M. Pd., dan M. Farid Fad, M. SI.
Kata Kunci : Metode Kepramukaan. Pendidikan Islam
Maraknya berbagai kasus yang melanda Indonesia
dikalangan masyarakat hingga peserta didik merupakan dampak merosotnya moral
bangsa saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor
internalisasi nilai-nilai dalam pendidikan yang melalui beberapa mata pelajaran
disuatu pendidikan masih kurang, proses pembelajaran yang tidak disesuaikan
dengan perkembangan zaman serta terbatasnya waktu didalam proses pembelajaran
disatuan pendidikan formal. Dalam perjalanannya, Gerakan Pramuka dinilai dalam
menyelenggarakan kegiatan hanya sebatas kegiatan serimonial yang sudah menjadi
adat istiadat tanpa adanya unsur atau nilai-nilai pendidikan didalamnya. Namun sebenarnya, Gerakan Pramuka memegang peranan
penting dalam bidang pendidikan generasi muda, yang memiliki ketrampilan,
kecakapan dan memiliki sifat positif, agar menjadi manusia yang berkepribadian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode
pendidikan dalam kepramukaan dan sudut pandang pendidikan Islam terhadap metode
pendidikan kepramukaan. Yang menjadi objek kajian yaitu metode pendidikan
kepramukaan. Dimana metode ini merupakan cara atau teknik keperamukaan dalam
mewujuadkan tujuan Gerakan Pramuka dan tujuan pendidikan nasional.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat Library Reseach atau kajian kepustakaan,
yaitu teknik penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan
berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan, baik berupa buku, surat
kabar dan beberapa tulisan lain yang memiliki keterikatan dengan pembahasan
penelitian ini. Penelitian ini
difokuskan pada metode : pengamalan kode kehormatan; belajar sambil
melakukan; sistem berkelompok, berkerjasama, dan berkompetisi; kegiatan yang
menarik dan menantang; kegiatan di alam terbuka; kemitraan dengan anggota dewasa
dalam setiap kegiatan;
penghargaan berupa tanda kecakapan; satuan terpisah antara putra dan putri.
Upaya-upaya
yang dilakukan tentunya harus bisa memberikan pemahaman serta kontribusi yang
baik terhadap anak didik atau generasi muda saat ini. Melalui pemahaman dan
pengamalan, metode pendidikan kepramukaan harus disesuaikan dengan situasi,
kondisi, kemauan dan kemampuan peserta didik atau anggota pramuka.download selengkapnya di SINI
0 komentar :
Post a Comment